Type Here to Get Search Results !

Memperbaiki TV LG 21" Slim Mati Protek (Kembali Standby)

 TV LG 21SB6RD-T4 (Slim) ini sering mengalami Protek yang di akibatkan melemahnya/rusaknya komponen tersebut. Pada kali ini, kami menemukan "Kerusakan Mati Protek (Standby) pada TV LG 21-Inch Slim dengan Model: 21SB6RD-T4". Menurut si pemilik tersebut: Televisi Merek LG 21" Slim ini sudah cukup lama di pergunakan, mungkin sudah sekitar 3 tahun-an yang lalu ketika televisi tersebut baru dibeli, baru sekarang dan pertama kalinya di bongkar untuk di perbaiki karena mengalami kerusakan.



Dari keterangan pemilik TV tadi, kemudian saya melakukan pengetesan dan mencobanya menghidupkan televisi tersebut. Memang benar, televisi sempat menyala sebentar, selang beberapa detik kemudian mati lagi, namun terlihat sekilas (sebelum mati lagi), ada cahaya bergaris horizontal melintang pada tengah layar, yang menandakan jelas adanya kerusakan pada blok Vertikal pada mesin televisi TV.

Lalu saya melakukan pembongkaran dan pemeriksaan langsung terarah pada blok Vertikalnya, dan kemudian saya langsung mengganti IC Vertikal Out dengan yang baru.

Setelah mengganti IC Vertikalnya, jebreeet... televisi menyala dengan Normal, namun masalah lain muncul, ada beberapa garis muncul di bagian layar. Luas Garis garis yang muncul di bagian paling atas pada Layar televisi tersebut, sekitar 3 hingga 4 jari menuju arah bawah, sehingga di perkirakan 1/4 pada bagian atas layar tersebut, memunculkan garis garis yang cukup menggangu, namun ketika cahaya di redupkan, maka garis garis tersebut akan semakin menghilang pula, maka saya melakukan perbaikan lebih lanjut.Dari pengalaman saya sebelumnya, munculnya garis-garis pada layar TV biasanya disebabkan terdapat elcho yang rusak atau kering.

Pemeriksaan tertuju pada beberapa elcho dan langsung menggantinya yaitu C321 (2200mF/25V), tapi masih belum membuahkan hasil, penggantian C312 (0.68mF/50V), juga masih tetap belum membuahkan hasil, dan pada akhirnya di temukan kerusakan pada C307 dengan nilai (100mF/35V), setelah melakukan penggantian komponen elco dengan kapasitas 220mF/35V (jika ada ganti dengan ukuran yang sama), maka sekarang TV LG 21" Slim Mati Protek (Kembali Standy) ini, dapat menyala Normal kembali.

Sebenarnya kerusakan lain yang pernah kami temui pada jenis TV LG 21" Slim ini adalah: "Televisi dapat Menyala 1 hingga 3-5 Menit, kemudian Mati Standby lagi", lakukan penggantian pada komponen Resistor yang menghubungkan antara: +115V pada Regulator Power Supply ke B+ Flybacknya, nilai Resistor tersebut berkisar 1.4 Ohm/1W hingga 4.7 Ohm/1W, hal ini sangat sulit di deteksi, karena komponen tersebut masih berfungsi / tidak rusak melainkan hanya melemah, sehingga bisa mengakibatkan TV tersebut bisa nyala sebentar, tapi beberapa saat kemudian mati lagi.


Langkah perbaikan tv lg protek

Hal pertama ialah membersihkan debu menggunakan kuas pada bagian komponen karena dari sini biasanya akan terlihat dengan jelas ketika menemukan komponen yang bermasalah entah itu terbakar maupun elko meledak di bagian dari komponen tv lg ultra slim.

Lg ultra slim pada jalur vcc ic vertikal berasal dari output flyback seperti tv polytron slim, namun yang membedakan antara lg ultra slim dengan tv polytron u-slim adalah tegangan output yang digunakan. Jika pada polytron menggunakan tegangan simetris 12 0 12 volt maka pada sistem suplay ic vertika lg ultra slim hanya menggunakan stu vcc sebesar 26 volt yang tertulis di papan pcb kaki flyback.


Ukur tegangan vcc ic vertikal tv lg harus ada 26 volt normalnya sesuai dengan apa yang tertulis di pcb. Mungkin sebagian dari kita bisa memahami bahwa tidak semua tv protek berasal dari vertikal seperti tv polytron. Namun tidak ada salahnya jika kita menyelami sistem yang ada di tv lg ultra slim ini yang menggunakan vcc dari flyback. Ini hanya sebuah analisa dari kerusakan sebelumnya.

Ketika mendapati tegangan 0v pada vcc vertikal 78141 hal yang meski dilakukan adalah menyelediki kerusakan tegangan tersebut. Misalnya dropnya tegangan berasal dari flybaknya atau dari ic vertikal 78141 short.

Tegangan drop hanya separuh tegangan normal kemungkinan disebabkan oleh elko kering sedangkan ketika tegangan benar-benar 0 volt bisa disebabkan oleh kerusakan pada flyback (bagian horizontal tidak bekrja dan kerusakan ic vertikal short). Hal ini wajib dipahami untuk memudahkan dalam menangani tv lg protek.

Perlu anda lakukan ketika menangani tv lg ultra slim protek adalah pengukuran secara cepat pada bagian vcc vertikal, karena tegangan akan kembali drop ketika tv kembali ke mode standbay.

Mungkin salah satu kasus yang saya alami adalah kerusakan tv lg ultra slim drop tegangan terukur hanya 1 volt ketika tv sedikit bisa start.

Kemudian hal yang saya lakukan adalah mencopot beban vcc dengan cara mengakat ic vertikal untuk mengetahui dimana kerusakan tegangan.

Ternyata ketika ic vertikal diangkat tegangan terukur 27 volt. Ini bisa diartikan bahwa kerusakan tv lg protek ini disebabkan oleh ic vertikal short.

Tidak berfikir panjang langsung saja mengganti ic vertikal 78141 dengan ic baru.

Perlu diperhatikan juga bahwa elko c 313, c309, elko tersebut bisa kemungkinan rusak jika ic mengalami kerusakan hingga short.

Kesimpulan Cara Memperbaiki tv LG  slim protek 

Keusakan protek pada tv lg disebabkan oleh kerusakan pada ic vertikal 78141 short atau bisa juga karena ic tidak bekerja. Jika ic short maka tegangan dari flyback akan drop 0 volt atau drop jauh dari tegangan normal, sedangakan jika ic vertikal hanya mati biasanya tegangan masih normal hanya saja out vertikal tidak ada tegangan dan tv masih dalam mode protek.

Permasalahan bisa sama namun solusi juga bisa berbeda. saya harap artikel ini hanya refrensi saja untuk kalian yang sedang mengatasi tv lg ultra slim protek. Ada permasalahan yang lebih kompleks lagi selain disebabkan oleh ic vertikal misalnya kerusakan pada flyback yang ditimbulkan dari blok horizontal tidak bekerja atau bisa juga over.

Sebagai tambahan
Dibawah ini ada beberapa jenis kerusakan TV LG yang lain, yang mungkin bisa membantu mengatasi permasalahan reparasi anda:

Merek : LG
Model : Ultra Slim 21FU2RD
Gejala : mati, transistor horizontal short apabila diganti short lagi.
Penyebab : Capasitor C414 153/2KV berubah nilainya.
Solusi : ganti Capasitor C414 153/2KV dan Q402 2SC6090 dengan yang baru.

Merek : LG
Model : 21FB3RB
Gejala : standby.
Penyebab : gagal start loading data eeprom diakibatkan data pada IC02 24C04 korup.
Solusi : ganti/flash IC02 24C04 dengan data/ic yang sudah terisi

Merek : LG
Model : Turbo swing
Gejala : led berkedip redup
Penyebab : capasitor dibagian horizontal short menyebabkan transistornya panas dan ahirnya rusak
Solusi : ganti capasitor dan tr horizontal

Merek : LG
Model : ultra slim
Gejala : reste horizontal melengkung
Penyebab : capasitor short
Solusi : solusinya dengan menambahkan satu capasitor milar di titik colector C414=.01=10n 2kv dengan 103 2kv,dan ganti juga diode RU 4A dengan yang baru sedangkan TR.Horizontal nya ganti dengan D.1554
Catatan : TV ini menggunakan IC SINGLE LV76211,sedangkan FBT BSC 25 -NO329,TV ini di hidupkan TR.HOR menjadi panas sekali bisa mengakibatkan short nya TR.HOR tsb

Merek : LG
Model : 21fu3rl
Gejala : mati total
Penyebab : tiba2 mati, padahal menurut yang punya, tidak ada gejala apa2
Solusi : setelah dicek ternyata saklar s801 tidak berfungsi lagi. diganti dengan switch on-off jenis lain, sedikit memodifikasi. jadi

Merek : LG
Model : 21FU3RL
Gejala : mati total,tr horizontal(C6090)sering putus
Penyebab : putus ic pawer suply(W6554A)dan kapasitor keramik pecah(183J2000v)
Solusi : ganti ic pawer suply,tr horizontal dan kapasitor keramik dengan yg baru
Catatan : apabila kapasitor keramik tidak ada yg sama ganti dengan kapasitor mkt ukuran 15n2000v juga bisa

Merek : LG
Model : CD-14D52
Gejala : warna gambar tidak normal, kemerah merahan..
Penyebab : solderan di RGB banyak yang kendor atau retak..
Solusi : setelah RGB di solder ulang semuanya,,, warna kembali normal lagi

Merek : LG
Model : LG untukjenis flat
Gejala : gambar terkadang keluar kadang tidak
Penyebab : tuner dengan jenis pll rusak
Solusi : ganti tuner dengan catatan sebelum mengganti tuner langkah kita cek dulu teg agcnya,vccnya kalau normal langsung ganti tuner pasti beres

Merek : LG
Model : 21 flat
Gejala : gambar bagus suara kadang-kadang hilang kadang-kadang besar
Penyebab : penyebabnya ic lv 6111 n
Solusi : ganti ic lv 6111 n kalau masih belum, masuk kemode servicemenu pada bagian audio diset keposisi mono atau stereo sampai suara muncul selamat mencoba bila ada kerusakan sperti ini,karena kasus ini sering terjadi pada tv lg jenis flat
Catatan : sering terjadi troble untuk audiotv lg flat

Merek : LG
Model : Pearl black 21FU1RL
Gejala : Tv hidup tp layar blanking biru polos disertai garis2…kata yg punya tv kena petir
Penyebab : Setelah ditelusuri ternyata teg RGB dari chroma LV 76213 short
Solusi : Setelah cek ic vertical dan komponennya ternyata bagus….akhirnya tinjau yoke lepas solderan ujung2nya lalu cek gulungan coilnya satu persatu ternyata lilitan vertcal deflection putus sebelah… Setelah ganti ic chromanya tv jadi normal
MITRA CENDIKIA METRO

Top Post Ad

Info Lain

Ads